Thursday, January 19, 2017

FAQ (Frequently Asked Questions) esmart

1. Apa yang harus dilakukan apabila user esmart tidak bisa login?  
     ● Jika terjadi update failed, silakan lakukan cek koneksi internet 
     ● Apabila menggunakan jaringan internet sendiri, silakan cek koneksi internet tersebut dengan cara
       browsing ke web yang selalu update (misal situs berita)
contoh pesan update failed
     ● Pastikan Server Configuration, buka menu esmart > configuration.  Terdapat 4 pilihan server yaitu:
       server1: esmartbnis.com 
       server2 : 110.5.111.125 
       server3: 202.129.186.235 dan Custom.
       Server1 merupakan default server, sedangkan server2 dan server3 merupakan server cadangan jika
       server1 bermasalah.  Untuk Updater server, isi Address dengan esmartbnis.com.
       Saran saya, gunakan feed server3 dan trading server pilih trading3 (versi mobile juga sama).
contoh tampilan menu server configuration
     ● Apabila menggunakan internet kantor maka port 62229 dan 63339 (untuk esmart desktop) atau port
       64449 (untuk esmart web) harus dibuka terlebih dahulu (konsultasikan dengan admin network kantor
       Anda).
     ● Pastikan penulisan User ID dan password benar, perhatikan besar kecil huruf.
     ● Bila tetap tidak bisa login sedangkan koneksi internet berjalan baik, segera hubungi Helpdesk esmart
       atau sales Anda.
 
2. Pada PC dengan OS windows setelah berhasil login, bagaimana apabila sistem esmart  “Hang”,
    tidak bisa di klik semua menu atau juga terdapat message error “an instance of this application
    is already running”?
     ● Lakukan End Task System esmart pada Windows Task Manager.
     ● Caranya tekan keyboard Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Klik tombol Task Manager lalu pilih tab
       Processes.
     ● Pada kolom Image Name silakan  cari  javaw.exe dan pilih proses tersebut. Lihat gambar dibawah yang
       dilingkari merah.
     ● Klik tombol End Process pada pojok kanan bawah, aplikasi esmart akan menutup. Lihat gambar
       dibawah yang dilingkari merah.
     ● Setelah lakukan end process, tutup Windows Task Manager. Dan buka sistem esmart seperti biasa.

contoh pesan error
Tampilan Windows Task Manager
3. Setelah berhasil memasukkan password, bagaimana apabila yang terlihat hanyalah
    halaman kosong ? 
     ● Setelah berhasil login secara default akan muncul tampilan standar, namun apabila tidak muncul maka
       setting dapat dilakukan dengan cara : Pilih menu esmart
     ● Pilih menu Load Dashboard (Lihat gambar dibawah).
     ● Pilihlah pada Name: atau default atau Simple atau Standard atau Advanced.

letak menu dashboard
4. Setelah memasukkan password, bagaimana jika trade watch/running trade jalan tapi bid
    offer dan stock ranking kosong?
     ● Setelah masukkan password, segera lihat angka IDX atau IHSG di kotak merah. Jika angka yang muncul 0 (nol)
       maka esmart error. Seharusnya jika normal, maka yang muncul adalah angka IHSG terakhir.
     ● Solusinya adalah logout lalu login ulang.




5. Setelah input order lalu lihat di order list tetap kosong atau muncul status request order.
    Bagaimana memunculkan order yang telah diinput?
     ● Biasanya terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil.
     ● Pilih menu transaction, pilih menu refresh trading.
     ● Klik 3 kotak yang kosong lalu pilih OK.


6. Apa yang dimaksud status Reject pada order nasabah? 
     ● Reject pada status order nasabah berarti order tersebut ditolak oleh sistem.
     ● Penyebab order tersebut ditolak antara lain (keterangan status dapat dilihat pada kolom Desc): 
          ● Security is not currently trading : saham yang diinput tidak diperdagangkan atau sesi perdagangan
           belum dibuka atau sesi perdagangan sudah ditutup 
          ● Portfolio not enough : tidak cukup memiliki suatu saham tertentu yang akan dijual, user melakukan
           kesalahan dalam memasukkan angka pada kolom harga saham dan atau jumlah lot.
          ● Limit trading not enough : dana tidak cukup untuk membeli saham.
          ● Trade Rule – price exceeded : batas harga yang terlampau tinggi / terlampau rendah, mengacu
           kepada aturan batas Auto Rejection dari BEI.

contoh status reject di order list

 7. Candlestick di menu charting tampilannya kok jadi kecil-kecil?
      ● Arahkan kursor ke candlestick paling kiri, lalu klik ditahan, geser kursor sampai ke candlestick
        paling kanan, lalu lepas.
Candlestick kecil-kecil


Tampilan ketika kursor paling kiri di klik, ditahan, dan geser sampai paling kanan


8. Di menu portfolio kok masih muncul saham yang kemarin saya jual habis. Saya ingin
    menghilangkannya, bagaimana caranya? 
      ●  Kotak merah adalah saham yang kemarin sudah dijual, tapi masih muncul di portfolio.
      ●  Klik All di sebelah Stock Movement (kotak biru), lalu pilih curr.lot>0.


---
Apabila ada kendala, silahkan kontak ke gi.balikpapan@bnisekuritas.co.id atau 082159568335

94 comments:

  1. selamat Pagi Pak.mau nanya Pak saya g bisa login ke esmart.sdh coba semua pakai configurasinya tapi gtetap gbisa login.tolong solusinya Pak.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. muncul pesan error apa ketika tidak bisa login?

      Delete
    2. siang min mo nanya saya ini buka google dan internet akses lainnya bisa, tp kenapa buka esmart selalu tdk bisa dan keluar pesan check your connection, padahal internet saya untuk buka yg lain bisa. Mohon penjelasannya terimaksih banyak

      Delete
    3. ini login di hari sabtu siang ya? kemungkinan besar karena sedang dilakukan mock trading/maintenance sistem. sekarang coba lagi

      Delete
    4. Selamat Siang min kl bion ketika login tdk bisa muncul kata unable validate user. Padahal sdh ganti pin.

      Delete
    5. pesan error itu artinya ada salah input.
      jika yang diperbarui adalah pin, maka tidak otomatis mengganti password. jadi password masih pakai yang lama.

      Delete
    6. Mas saya mengalami hal yg sama , untuk login setelah ganti pin baru nunggu beberapa hari kah di email biar bisa pakai aplikasinya?terima kasih

      Delete
    7. langsung saja, klik forgot password artinya mereset password dan pin. jadi pakai yang dari email terima reset password

      Delete
  2. Mas mau nanya..rekening saya sdh aktif tp kok user esmart blom di kasih
    Berapa hari waktu aktivasi user sesudah rekening aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak ditelpon konfirmasi sekitar 2 hari kemudian dikirim email user id, password, dan RDI

      Delete
    2. Assalamualaikum mas saya mau tanya. Saya pake bions terus gabisa masuk?
      Bacaanya" conecting to esmart : 62229

      Delete
    3. koneksi diputus karena sedang dilakukan pemeliharaan

      Delete
  3. Saya juga nga bisa login pak, biasanya bisa nga masalah...
    Sekarang muncul java error start fail.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa login muncul pesan apa? java error start fail karena buka aplikasi 2x, sedangkan yang pertama sedang proses membuka

      Delete
    2. tinggal tutup saja pesan error itu. jadi sedang proses loading membuka tapi ada klik lagi untuk membuka kedua kalinya, muncul pesan itu. kalau tidak ya uninstal lalu instal lagi :)

      Delete
  4. aplikasi error, karena setelah update plugin langsung tidak bisa dibuka, dengan pesan "Aplication start failed.""Error:java.lang.IllegalArgumentException: unknown plug-in ID- project8.fr........"mohon bantuannya untuk perbaiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek koneksi internetnya, nyambung tidak.

      Delete
    2. Saya juga mengalami masalah yang sama, internet nyambung, gimana solusinya?

      Delete
    3. coba diputus lalu sambung lagi atau gunakan koneksi internet lain

      Delete
  5. mas kok bni sekuritas saya plugin updater please wait checking version melulu ya trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutup paksa dari task manager dengan cara ctrl+alt+del, pilih java(TM) platform SE binary, klik end task.

      lalu matikan dan nyalakan kembali modem. silahkan buka esmart kembali

      Delete
  6. Kenapa ya status open trs tiba2 withdraw? Dan seterusnya security is not currently trading? Bisa dijelaskan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jam berapa melihat status jadi withdraw?
      security is not currently trading = biasanya input order ketika jam bursa masih tutup

      Delete
  7. Bagaimana kita mengetahui kalau penawaran beli kita sukses atau berhasil dibeli.?

    ReplyDelete
  8. Selamat pagi pak/ibu.saya mau nanya bagaimana jika e smart bisa login tapi entri buy tidak bisa dan langsung error dan harus kembali login?

    ReplyDelete
  9. Terimakasih pak/bu brokernya sudah bisa dijalankan.akan tetapi saat transaksi ada tulisan reject.apa yang harus saya lakukan? Maaf bertanya pak/bu saya masih pemula.mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa reject ada alasannya, lihat di description. ada yang karena input salah harga atau lot, bukan di jam bursa, dll.

      Delete
  10. Selamat pagi pak...saya mau nanya pak kenapa saya tidak bisa login, muncul "ERROR Mesagge : Unable to validate user", tolong solusinya...Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya ada salah input password. coba diingat-ingat lagi, dan ketiknya pelan-pelan siapa tahu ada yang kepleset, cek juga capslock kepencet atau tidak.

      Delete
  11. Pak, saya mau nanya, saya gak bisa login tulisannya akun locked. Too many wrong password. Padahal saya yakin udah bener paswordnya, trus minta reset pasword pun masih tetep gak bisa login, itu gimana ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terima email reset password tapi tetap tidak bisa login? coba reset sekali lagi. Atau coba kirim email ke helpdesk, atau call center 14016

      Delete
  12. Pak saya mau tanya... (Saya pemula)
    Baru saja saya aktif dan dpt userid n paswrd, saya download aplikasi di laptop. Tpi ga bisa login.. keterangan nya. Masalah koneksi, sedangkan sinyal bagus... Saya coba" rubah server ttp tdk bisa.. lalu saya download persi android tetep ga masuk juga. Keterangan nya koneksi.. port... Gitu, saya tdk faham

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan errornya apa? coba ganti koneksi internet, gunakan selain indihome/telkomsel

      Delete
  13. Pak saya mau tanya... (Saya pemula)
    kalau tidak bisa login ke esmart dengan keterangan unvalidated user itu solusinya gimana?
    terimakasih

    ReplyDelete
  14. Pak tampilan portofolio saya aneh. Sebagian besar saham yg saya beli menghilang. Nilai portofolio saya yang awalnya 10jt sekarang tinggal 1jt. Saham2 yang saya beli juga tidak ada di daftar portofolio. Jadisaya juga tidak bisa jual.sudah restart dan install ulang esmart tp tetep gak ada. Kenapa ya pak, mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  15. Kenapa portofolio saya tiba2 kosong,saham yang saya beli tidak muncul

    ReplyDelete
  16. Esmart Porto jd error Kasus yg sama Mungkin Lagi perbaikan Server ke bions..

    ReplyDelete
  17. Saya mau tanya, saya udh login di esmart udah berhasil tetapi saya mau login buat transaksi tidak bisa krn lupa pasword, gimana caranya saya untuk bisa login lg krn di blok krn salah password?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan lakukan reset password dan pin
      http://bnisbalikpapan.blogspot.co.id/2018/01/cara-reset-password-dan-pin-trading.html

      Delete
  18. kenapa sy tidak bisa beli saham tertentu(tidak semua saham), contoh beli antm bisa tp saat mau beli INAF keluar pernyataan CANNOT BUYING THIS STOCK FOR CURRENT ACCOUNT TYPE (tdk bisa beli) pdhal kemarn bisa, thx pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berkaitan dengan kondisi market yang tidak normal maka ada kebijakan dari risk management dan direksi karena emiten tersebut masuk daftar UMA dari BEI selama 3 bulan terakhir. Berlaku mulai 3 Maret 2020, sampai dengan dikeluarkannya kebijakan baru. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kontak sales saudara. Terima kasih

      Delete
    2. Tapi kepana cuma BINS/NI saja... sementara yg lain tidak... dan IDX juga tidak memerikan kebijakan tersebut... jadi buat kami gak adil... misalnya disisi lain kita mau everg downt gak bisa... atau saham2 tersebut lagi rebound kita nasabah BINS cuma bisa gigit jari.. karena gak bisa melakukan buy terhadap saham2 UMA.../// mohon kebijakan tersebut dapat ditinjau kembali... terima kasih

      Delete
    3. silahkan disampaikan juga ke sales saudara mengenai keluhan tersebut agar bisa diteruskan ke pusat. terima kasih

      Delete
  19. Saya coba login tapi muncul tulisan Unable to Validate user padahal sadah reset password 2x dan menggunakan password baru masih tidak mau log in. Pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. muncul pesan error itu ketika input password atau pin trading?
      yang sudah menggunakan password baru itu password atau pin trading?

      Delete
  20. Ketika Saya akan login selalu muncul "unable to validate user" mohon problem solvingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya ada salah input password atau pin trading. coba diingat-ingat lagi dan pelan-pelan ketiknya. apabila masih gagal silahkan lakukan reset password

      Delete
    2. Pasword sama pin udh bener. Sidik jari juga udh keditect tapi ko msh unable to validate user

      Delete
    3. di esmart tidak memerlukan sidik jari

      Delete
    4. Saya juga sama!! Itu bions yg ada sidik jari . Anda sebagai admin bni sekuritas harusmya tau kami tidak bisa masuk itu di apk bions bukan esmart!! Ko jawaban anda sangat tidak memuaskan

      Delete
    5. Jelas esmart tidak memerlukan sidik jari semua org disini juga tau! Yg jadi masalah itu "unable validate user" Sedangkan ID dan pass sudah benar

      Delete
    6. sudah tanya sales saudara? karena beliau yang bisa lebih memuaskan atas pertanyaan saudara

      Delete
    7. Bukannya anda seharusnya lebih paham? Berani beraninya buka blogspot bertemakan FAQ kalo gabiss memberikan jawaban.

      Delete
    8. silahkan kontak sales saudara terlebih dahulu :)

      Delete
  21. Unable to validate user padahal pass dan pin sudah saya yakin benar 100% karena saya baru daftar dan saya melihat betul itu pass dan pinnya mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pesan error ada yang salah input password atau pin. Coba ulangi lagi, jika masih gagal silahkan kontak sales saudara

      Delete
  22. Maaf mau tanya gimana cara mengatasi portopolio yg eror di aplikasi esmart semuanya tertulis 0 sedangkan saldo yg baru saya isi 1 jt, dan saham yg ada kurang lebih ada 40 lot pedahal akun & pin nya ga ada kesalahan, minta tolong dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada order buy yang masih open, coba kontak ke sales saudara untuk informasi lebih lengkapnya

      Delete
  23. Pak maaf, saya untuk login ke bions kok selalu gagal dan muncul "connection lost: wss://bions.id:8443/stomp". padahal saya coba akses ke situs lain lancar, gimana ya solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kontak sales saudara untuk penjelasan lebih lengkapnya untuk diteruskan ke IT. terima kasih

      Delete
  24. Maaf mau tanya lagi cara menghubungi salesnya gimana & lewat mana ya, maaf baru pemula mohon bantuannya

    ReplyDelete
  25. Hi kak Mau tanya, kira2 bisa apa enggak ya kita WD semua uang dan deposit yg ada di account. Dan kalau bisa gimana caranya? Trims

    ReplyDelete
  26. jam perdagangan semenjak pandemi jam berapa aja ya?
    untuk WITA

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.idx.co.id/investor/jam-perdagangan/

      itu berdasarkan WIB, tinggal tambah 1 jam

      Delete
  27. Selamat pagi admin
    Mau tanya, jika sudah reset password dan pin
    Untuk login lagi pakai password dan pin yg mana ya? Apa beda nya password dan pin di E-Smart dan di bions?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah terima email reset password, maka password dan pin yang bisa digunakan adalah dari email reset. tidak ada beda password dan pin esmart/bions, sama saja

      Delete
  28. selamat pagi admin..
    sya mau tanya kok sya ndk bisa login ke bions sya yah.. malah muncul tulisan "connection lost:wss//bions.id:8443/stomp"
    nah inii knpaa yah kira" min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. koneksi sedang diputus karena sedang dilakukan pemeliharaan

      Delete
  29. Halo mau tanya, di autoatic order list saya selalu reject untuk ordersuatu saham, dan mendadak semua tidakbisa di cancel di list automatic ordernya, setelah log out log in juga belum ada perubahan sejak pago, apakah ada solusi ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. layanan automatic order sedang not ready/unavailable. silahkan kontak sales saudara untuk penjelasan lebih lengkapnya

      Delete
  30. min ijin bertanya saya sudah mencoba login dan dapat user dan pin namun ketika sudah diperbarui paswordnya malah keluar unable to validate user, gmana ya min hampir putus asa sudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesan error itu artinya ada salah input. yang diperbarui password atau pin?
      jika yang diperbarui adalah pin, maka tidak otomatis mengganti password. jadi password masih pakai yang lama.

      Delete
  31. Selamat pagi mas,
    Saya pemula menggunakan bions,
    Saya mau nanya mas,
    Kenapa saya login ke bions tulisannya selalu : connecting to esmartbnis.com:6229
    Terima kasih

    ReplyDelete
  32. Sudah 2 hari ini seperti itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba putus koneksi internet lalu sambung lagi, pagi ini silahkan coba lagi

      Delete
  33. saya sudah ganti password tetap tidak bs login tulisannya "unable to validate user" saya sudah coba berkali-kali login tetap tidak bisa. kira-kira apa solusinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lagi yang diganti password atau pin, karena mengganti password tidak otomatis mengganti pin begitu juga sebaliknya. pesan error itu artinya salah input password/pin

      Delete
  34. pagi, setelah update kok malah error, muncul pesan error
    Class: java.lang.IllegalArgumentException
    Message: unknown plug-in ID - project8.framework.kernel

    koneksi lancar...mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutup lalu coba lagi. koneksi internet coba diputus lalu sambung lagi, atau coba gunakan koneksi internet dari provider lain.

      Delete
  35. saat saya mau liat portofolio saya ada tulisan "please login trading' itu kenapa ya? karena ini sudah 2 hari masalahnya

    ReplyDelete