1. Apa yang harus dilakukan apabila user esmart tidak bisa login?
● Jika terjadi update failed, silakan lakukan cek koneksi internet
● Apabila menggunakan jaringan internet sendiri, silakan cek koneksi internet tersebut dengan cara
browsing ke web yang selalu update (misal situs berita)
contoh pesan update failed |
● Pastikan Server Configuration, buka menu esmart > configuration. Terdapat 4 pilihan server yaitu:
server1: esmartbnis.com
server2 : 110.5.111.125
server3: 202.129.186.235 dan Custom.
Server1 merupakan default server, sedangkan server2 dan server3 merupakan server cadangan jika
server1 bermasalah. Untuk Updater server, isi Address dengan esmartbnis.com.
Saran saya, gunakan feed server3 dan trading server pilih trading3 (versi mobile juga sama).
contoh tampilan menu server configuration |
64449 (untuk esmart web) harus dibuka terlebih dahulu (konsultasikan dengan admin network kantor
Anda).
● Pastikan penulisan User ID dan password benar, perhatikan besar kecil huruf.
● Bila tetap tidak bisa login sedangkan koneksi internet berjalan baik, segera hubungi Helpdesk esmart
atau sales Anda.
2. Pada PC dengan OS windows setelah berhasil login, bagaimana apabila sistem esmart “Hang”,
tidak bisa di klik semua menu atau juga terdapat message error “an instance of this application
is already running”?
● Lakukan End Task System esmart pada Windows Task Manager.
● Caranya tekan keyboard Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Klik tombol Task Manager lalu pilih tab
Processes.
● Pada kolom Image Name silakan cari javaw.exe dan pilih proses tersebut. Lihat gambar dibawah yang
dilingkari merah.
● Klik tombol End Process pada pojok kanan bawah, aplikasi esmart akan menutup. Lihat gambar
dibawah yang dilingkari merah.
● Setelah lakukan end process, tutup Windows Task Manager. Dan buka sistem esmart seperti biasa.
contoh pesan error |
Tampilan Windows Task Manager |
halaman kosong ?
● Setelah berhasil login secara default akan muncul tampilan standar,
namun apabila tidak muncul maka
setting dapat dilakukan dengan cara :
Pilih menu esmart
● Pilih menu Load Dashboard (Lihat gambar dibawah).
4. Setelah memasukkan password, bagaimana jika trade watch/running trade jalan tapi bidoffer dan stock ranking kosong?
● Setelah masukkan password, segera lihat angka IDX atau IHSG di kotak merah. Jika angka yang muncul 0 (nol)
maka esmart error. Seharusnya jika normal, maka yang muncul adalah angka IHSG terakhir.
● Solusinya adalah logout lalu login ulang.
5. Setelah input order lalu lihat di order list tetap kosong atau muncul status request order.
Bagaimana memunculkan order yang telah diinput?
● Biasanya terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil.
● Pilih menu transaction, pilih menu refresh trading.
● Klik 3 kotak yang kosong lalu pilih OK.
6. Apa yang dimaksud status Reject pada order nasabah?
● Reject pada status order nasabah berarti order tersebut ditolak oleh sistem.
● Penyebab order tersebut ditolak antara lain (keterangan status dapat dilihat pada kolom Desc):
● Security is not currently trading : saham yang diinput tidak diperdagangkan atau sesi perdagangan
belum dibuka atau sesi perdagangan sudah ditutup
● Portfolio not enough : tidak cukup memiliki suatu saham tertentu yang akan dijual, user melakukan
kesalahan dalam memasukkan angka pada kolom harga saham dan atau jumlah lot.
● Limit trading not enough : dana tidak cukup untuk membeli saham.
● Trade Rule – price exceeded : batas harga yang terlampau tinggi / terlampau rendah, mengacu
kepada aturan batas Auto Rejection dari BEI.
contoh status reject di order list |
7. Candlestick di menu charting tampilannya kok jadi kecil-kecil?
● Arahkan kursor ke candlestick paling kiri, lalu klik ditahan, geser kursor sampai ke candlestick
paling kanan, lalu lepas.
Candlestick kecil-kecil |
Tampilan ketika kursor paling kiri di klik, ditahan, dan geser sampai paling kanan |
8. Di menu portfolio kok masih muncul saham yang kemarin saya jual habis. Saya ingin
menghilangkannya, bagaimana caranya?
● Kotak merah adalah saham yang kemarin sudah dijual, tapi masih muncul di portfolio.
● Klik All di sebelah Stock Movement (kotak biru), lalu pilih curr.lot>0.
---
selamat Pagi Pak.mau nanya Pak saya g bisa login ke esmart.sdh coba semua pakai configurasinya tapi gtetap gbisa login.tolong solusinya Pak.terima kasih
ReplyDeletemuncul pesan error apa ketika tidak bisa login?
Deletesiang min mo nanya saya ini buka google dan internet akses lainnya bisa, tp kenapa buka esmart selalu tdk bisa dan keluar pesan check your connection, padahal internet saya untuk buka yg lain bisa. Mohon penjelasannya terimaksih banyak
Deleteini login di hari sabtu siang ya? kemungkinan besar karena sedang dilakukan mock trading/maintenance sistem. sekarang coba lagi
DeleteSelamat Siang min kl bion ketika login tdk bisa muncul kata unable validate user. Padahal sdh ganti pin.
Deletepesan error itu artinya ada salah input.
Deletejika yang diperbarui adalah pin, maka tidak otomatis mengganti password. jadi password masih pakai yang lama.
Mas saya mengalami hal yg sama , untuk login setelah ganti pin baru nunggu beberapa hari kah di email biar bisa pakai aplikasinya?terima kasih
Deletelangsung saja, klik forgot password artinya mereset password dan pin. jadi pakai yang dari email terima reset password
DeleteMas mau nanya..rekening saya sdh aktif tp kok user esmart blom di kasih
ReplyDeleteBerapa hari waktu aktivasi user sesudah rekening aktif
sejak ditelpon konfirmasi sekitar 2 hari kemudian dikirim email user id, password, dan RDI
DeleteAssalamualaikum mas saya mau tanya. Saya pake bions terus gabisa masuk?
DeleteBacaanya" conecting to esmart : 62229
koneksi diputus karena sedang dilakukan pemeliharaan
DeleteSolusinya?
Deletesilahkan sekarang coba lagi
DeleteSaya juga nga bisa login pak, biasanya bisa nga masalah...
ReplyDeleteSekarang muncul java error start fail.
gak bisa login muncul pesan apa? java error start fail karena buka aplikasi 2x, sedangkan yang pertama sedang proses membuka
DeleteJadi solusinya apa pak....
Deletetinggal tutup saja pesan error itu. jadi sedang proses loading membuka tapi ada klik lagi untuk membuka kedua kalinya, muncul pesan itu. kalau tidak ya uninstal lalu instal lagi :)
Deleteaplikasi error, karena setelah update plugin langsung tidak bisa dibuka, dengan pesan "Aplication start failed.""Error:java.lang.IllegalArgumentException: unknown plug-in ID- project8.fr........"mohon bantuannya untuk perbaiki..
ReplyDeletecek koneksi internetnya, nyambung tidak.
DeleteSaya juga mengalami masalah yang sama, internet nyambung, gimana solusinya?
Deletecoba diputus lalu sambung lagi atau gunakan koneksi internet lain
Deletemas kok bni sekuritas saya plugin updater please wait checking version melulu ya trmksh.
ReplyDeletetutup paksa dari task manager dengan cara ctrl+alt+del, pilih java(TM) platform SE binary, klik end task.
Deletelalu matikan dan nyalakan kembali modem. silahkan buka esmart kembali
Kenapa ya status open trs tiba2 withdraw? Dan seterusnya security is not currently trading? Bisa dijelaskan?
ReplyDeletejam berapa melihat status jadi withdraw?
Deletesecurity is not currently trading = biasanya input order ketika jam bursa masih tutup
Bagaimana kita mengetahui kalau penawaran beli kita sukses atau berhasil dibeli.?
ReplyDeletelihat menu order list dan trade list, status match
DeleteSelamat pagi pak/ibu.saya mau nanya bagaimana jika e smart bisa login tapi entri buy tidak bisa dan langsung error dan harus kembali login?
ReplyDeletelogout lalu login lagi saja, berapa kali terjadi?
DeleteTerimakasih pak/bu brokernya sudah bisa dijalankan.akan tetapi saat transaksi ada tulisan reject.apa yang harus saya lakukan? Maaf bertanya pak/bu saya masih pemula.mohon bantuannya
ReplyDeletekenapa reject ada alasannya, lihat di description. ada yang karena input salah harga atau lot, bukan di jam bursa, dll.
DeleteSelamat pagi pak...saya mau nanya pak kenapa saya tidak bisa login, muncul "ERROR Mesagge : Unable to validate user", tolong solusinya...Terimakasih
ReplyDeleteartinya ada salah input password. coba diingat-ingat lagi, dan ketiknya pelan-pelan siapa tahu ada yang kepleset, cek juga capslock kepencet atau tidak.
DeletePak, saya mau nanya, saya gak bisa login tulisannya akun locked. Too many wrong password. Padahal saya yakin udah bener paswordnya, trus minta reset pasword pun masih tetep gak bisa login, itu gimana ya??
ReplyDeletesudah terima email reset password tapi tetap tidak bisa login? coba reset sekali lagi. Atau coba kirim email ke helpdesk, atau call center 14016
DeletePak saya mau tanya... (Saya pemula)
ReplyDeleteBaru saja saya aktif dan dpt userid n paswrd, saya download aplikasi di laptop. Tpi ga bisa login.. keterangan nya. Masalah koneksi, sedangkan sinyal bagus... Saya coba" rubah server ttp tdk bisa.. lalu saya download persi android tetep ga masuk juga. Keterangan nya koneksi.. port... Gitu, saya tdk faham
pesan errornya apa? coba ganti koneksi internet, gunakan selain indihome/telkomsel
DeletePak saya mau tanya... (Saya pemula)
ReplyDeletekalau tidak bisa login ke esmart dengan keterangan unvalidated user itu solusinya gimana?
terimakasih
klik OK saja, lalu login
DeletePak tampilan portofolio saya aneh. Sebagian besar saham yg saya beli menghilang. Nilai portofolio saya yang awalnya 10jt sekarang tinggal 1jt. Saham2 yang saya beli juga tidak ada di daftar portofolio. Jadisaya juga tidak bisa jual.sudah restart dan install ulang esmart tp tetep gak ada. Kenapa ya pak, mohon bantuannya.
ReplyDeleteSama,punya saya juga....
Deleteada error di esmart, mohon maaf atas ketidaknyamanannya
DeleteKenapa portofolio saya tiba2 kosong,saham yang saya beli tidak muncul
ReplyDeleteada error di esmart, mohon maaf atas ketidaknyamanannya
DeleteEsmart Porto jd error Kasus yg sama Mungkin Lagi perbaikan Server ke bions..
ReplyDeleteada error di esmart, mohon maaf atas ketidaknyamanannya
DeleteSaya mau tanya, saya udh login di esmart udah berhasil tetapi saya mau login buat transaksi tidak bisa krn lupa pasword, gimana caranya saya untuk bisa login lg krn di blok krn salah password?
ReplyDeletesilahkan lakukan reset password dan pin
Deletehttp://bnisbalikpapan.blogspot.co.id/2018/01/cara-reset-password-dan-pin-trading.html
kenapa sy tidak bisa beli saham tertentu(tidak semua saham), contoh beli antm bisa tp saat mau beli INAF keluar pernyataan CANNOT BUYING THIS STOCK FOR CURRENT ACCOUNT TYPE (tdk bisa beli) pdhal kemarn bisa, thx pencerahanya
ReplyDeleteberkaitan dengan kondisi market yang tidak normal maka ada kebijakan dari risk management dan direksi karena emiten tersebut masuk daftar UMA dari BEI selama 3 bulan terakhir. Berlaku mulai 3 Maret 2020, sampai dengan dikeluarkannya kebijakan baru. Untuk informasi lebih lengkap silahkan kontak sales saudara. Terima kasih
Deletethx
DeleteTapi kepana cuma BINS/NI saja... sementara yg lain tidak... dan IDX juga tidak memerikan kebijakan tersebut... jadi buat kami gak adil... misalnya disisi lain kita mau everg downt gak bisa... atau saham2 tersebut lagi rebound kita nasabah BINS cuma bisa gigit jari.. karena gak bisa melakukan buy terhadap saham2 UMA.../// mohon kebijakan tersebut dapat ditinjau kembali... terima kasih
Deletesilahkan disampaikan juga ke sales saudara mengenai keluhan tersebut agar bisa diteruskan ke pusat. terima kasih
DeleteSaya coba login tapi muncul tulisan Unable to Validate user padahal sadah reset password 2x dan menggunakan password baru masih tidak mau log in. Pencerahannya?
ReplyDeletemuncul pesan error itu ketika input password atau pin trading?
Deleteyang sudah menggunakan password baru itu password atau pin trading?
Ketika Saya akan login selalu muncul "unable to validate user" mohon problem solvingnya
ReplyDeleteitu artinya ada salah input password atau pin trading. coba diingat-ingat lagi dan pelan-pelan ketiknya. apabila masih gagal silahkan lakukan reset password
DeletePasword sama pin udh bener. Sidik jari juga udh keditect tapi ko msh unable to validate user
Deletedi esmart tidak memerlukan sidik jari
DeleteSaya juga sama!! Itu bions yg ada sidik jari . Anda sebagai admin bni sekuritas harusmya tau kami tidak bisa masuk itu di apk bions bukan esmart!! Ko jawaban anda sangat tidak memuaskan
DeleteJelas esmart tidak memerlukan sidik jari semua org disini juga tau! Yg jadi masalah itu "unable validate user" Sedangkan ID dan pass sudah benar
Deletesudah tanya sales saudara? karena beliau yang bisa lebih memuaskan atas pertanyaan saudara
DeleteBukannya anda seharusnya lebih paham? Berani beraninya buka blogspot bertemakan FAQ kalo gabiss memberikan jawaban.
Deletesilahkan kontak sales saudara terlebih dahulu :)
DeleteUnable to validate user padahal pass dan pin sudah saya yakin benar 100% karena saya baru daftar dan saya melihat betul itu pass dan pinnya mohon bantuannya
ReplyDeleteitu pesan error ada yang salah input password atau pin. Coba ulangi lagi, jika masih gagal silahkan kontak sales saudara
DeleteMaaf mau tanya gimana cara mengatasi portopolio yg eror di aplikasi esmart semuanya tertulis 0 sedangkan saldo yg baru saya isi 1 jt, dan saham yg ada kurang lebih ada 40 lot pedahal akun & pin nya ga ada kesalahan, minta tolong dibantu
ReplyDeletemungkin ada order buy yang masih open, coba kontak ke sales saudara untuk informasi lebih lengkapnya
DeletePak maaf, saya untuk login ke bions kok selalu gagal dan muncul "connection lost: wss://bions.id:8443/stomp". padahal saya coba akses ke situs lain lancar, gimana ya solusinya?
ReplyDeletecoba kontak sales saudara untuk penjelasan lebih lengkapnya untuk diteruskan ke IT. terima kasih
DeleteMaaf mau tanya lagi cara menghubungi salesnya gimana & lewat mana ya, maaf baru pemula mohon bantuannya
ReplyDeletecall center 14016 atau balas email yang diterima
DeleteHi kak Mau tanya, kira2 bisa apa enggak ya kita WD semua uang dan deposit yg ada di account. Dan kalau bisa gimana caranya? Trims
ReplyDeletebisa, silahkan lihat petunjuk penarikan dana/withdraw
Deletejam perdagangan semenjak pandemi jam berapa aja ya?
ReplyDeleteuntuk WITA
https://www.idx.co.id/investor/jam-perdagangan/
Deleteitu berdasarkan WIB, tinggal tambah 1 jam
Selamat pagi admin
ReplyDeleteMau tanya, jika sudah reset password dan pin
Untuk login lagi pakai password dan pin yg mana ya? Apa beda nya password dan pin di E-Smart dan di bions?
setelah terima email reset password, maka password dan pin yang bisa digunakan adalah dari email reset. tidak ada beda password dan pin esmart/bions, sama saja
Deleteselamat pagi admin..
ReplyDeletesya mau tanya kok sya ndk bisa login ke bions sya yah.. malah muncul tulisan "connection lost:wss//bions.id:8443/stomp"
nah inii knpaa yah kira" min?
koneksi sedang diputus karena sedang dilakukan pemeliharaan
DeleteHalo mau tanya, di autoatic order list saya selalu reject untuk ordersuatu saham, dan mendadak semua tidakbisa di cancel di list automatic ordernya, setelah log out log in juga belum ada perubahan sejak pago, apakah ada solusi ya min?
ReplyDeletelayanan automatic order sedang not ready/unavailable. silahkan kontak sales saudara untuk penjelasan lebih lengkapnya
Deletemin ijin bertanya saya sudah mencoba login dan dapat user dan pin namun ketika sudah diperbarui paswordnya malah keluar unable to validate user, gmana ya min hampir putus asa sudah
ReplyDeletepesan error itu artinya ada salah input. yang diperbarui password atau pin?
Deletejika yang diperbarui adalah pin, maka tidak otomatis mengganti password. jadi password masih pakai yang lama.
Selamat pagi mas,
ReplyDeleteSaya pemula menggunakan bions,
Saya mau nanya mas,
Kenapa saya login ke bions tulisannya selalu : connecting to esmartbnis.com:6229
Terima kasih
Sudah 2 hari ini seperti itu mas
ReplyDeletecoba putus koneksi internet lalu sambung lagi, pagi ini silahkan coba lagi
Deletesaya sudah ganti password tetap tidak bs login tulisannya "unable to validate user" saya sudah coba berkali-kali login tetap tidak bisa. kira-kira apa solusinya ya?
ReplyDeletecoba cek lagi yang diganti password atau pin, karena mengganti password tidak otomatis mengganti pin begitu juga sebaliknya. pesan error itu artinya salah input password/pin
Deletepagi, setelah update kok malah error, muncul pesan error
ReplyDeleteClass: java.lang.IllegalArgumentException
Message: unknown plug-in ID - project8.framework.kernel
koneksi lancar...mohon pencerahan
tutup lalu coba lagi. koneksi internet coba diputus lalu sambung lagi, atau coba gunakan koneksi internet dari provider lain.
Deletesaat saya mau liat portofolio saya ada tulisan "please login trading' itu kenapa ya? karena ini sudah 2 hari masalahnya
ReplyDeletetinggal masukkan pin atau login trading
Delete